Manfaat dan Kandungan Dibalik Buah Manggis

on Senin, 23 Juni 2014

Manfaat dan Kandungan Dibalik Buah Manggis

Berikut ini adalah informasi tentang Manfaat dan Kandungan Dibalik Buah Manggis. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin..
manfaat dan kandungan dibalik buah manggisBuah manggis tentunya sudah tidak asing lagi di masyarakat, selain enak dikonsumsi ternyata buah manggis ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Bua manggis memiliki nama latin Garcinia mangostana yang hidup di daerah tropis dimanan masyarakat percaya pohon ini berasal dari kepulauan Nusantara. Hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah mangis mengandung air sebanyak 62,05%, lemak 0,63%, protein 0,71% dan kjuga karbohidrat sebanyak 35,61%. Mau tahu apa saja manfaatnya?

Berikut adalah Manfaat dan Kandungan Dibalik Buah Manggis

Buah Manggis Untuk Mencegah Kanker
Senyawa Xanthone atau senyawa anti-kanker yang ada pada buah manggis bermanfaat untuk memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker pada usus besar, dankanker hati. Bahkan senyawa xanthone ini mapu memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab penyakit leukimia. 

Di dalam senyawa xanthone teridentifikasi sekitar 14 jenis senyawa turunannya. Yang paling banyak terkandung dalam buah Manggis ialah kandungan alfa-mangostin dan gamma-mangostin.
Alfa-mangostin adalah senyawa yang sangat berkhasiat dalam menekan pembentukan senyawa karsinogen pada kolon. Selain alfa-mangostin, senyawa xanthone juga mengandung gamma-mangostin yang juga memiliki banyak manfaat dalam memberikan proteksi atau melakukan upaya pencegahan terhadap serangan penyakit. 
 
Menurut penelitian yang telah dilakukan sejak tahun 1970-an, kedua turunan senyawa xanthone tersebut bisa menghentikan proses peradangan atau inflamasi dengan jalan menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan. Dalam penelitian lainnya juga ditemukan fakta bahwa gamma-mangostin memiliki sifat anti-radang yang jauh lebih baik dibandingkan dengan obat-obat inflamasi yang selama ini beredar di pasaran.

Buah Manggis dapat Menangkal radikal Bebas dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Catechins yang ada pada buah manggis bisa mengalahkan Vitamin C serta vitamin E yang ada dalam tubuh kita. Dengan adanya Vitamin C dan E inilah yang berguna untuk menangkal tubuh dari adanya radikal bebas. Maka usahakan konsumsi buah manggis setiap hari rutin supaya anda dapat terhindar dari dari radikal bebas, dan tentunya anda juga akan mendapatkan cadangan antioksidan alami yang  melimpah dari buah manggis.

Manfaat Buah Manggis Untuk Mencegah Batu Ginjal

Untuk seseorang yang mengkonsumsi buah manggis maka akan sering mengalami buang air kecil, hal inilah yang dapat menghindarkan anda dari penyakit batu ginjal. Untuk mendapatkan manfaatnya konsumsilah buah manggis rutin minimal 3 ons daam tiap harinya.

Buah Manggis Untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal, manggis bisa menjadi salah satu alterntif diet anda. Kandungan xanthone selain untuk mencegah penyakit diabetes dan penyakit jantung juga dapat bermanfaat untuk melunakan kembali sel-sel membrane yang sudah membesar dan mengeras bersama besarnya tubuh kita.

Nah, itulah Manfaat dan Kandungan Dibalik Buah Manggis. Banyak sekali manfaat dari buah eksotik ini, sehingga tidak heran banyak yang menjadikannya obat herbal telah di produksi menjadi obat minuman yang dikemas siap saji.

0 komentar:

Posting Komentar